Halaman

assalamu'alaikum wr.wb

Senin, 07 Maret 2011

Visual Kei dan Harajuku

Visual Kei dan Harajuku
Written by ferry janupati   
Saturday, 05 September 2009 02:28
 
Jangan ngaku-ngaku punya gaya Jepang kalo belum mengiyakan salah satu aliran fashion Jepang yang paling ngetop, visual kei. Visual Kei adalah fashion style yang paling tersohor di negeri Samurai itu. YA Ga jauh beda dengan harajuku sih. Ciri-cirinya adalah make up di wajah yang tebal, tatanan rambut yang ekstrim dengan warna yang mencolok, dan mengenakan kostum yang feminim. Visual kei telah menjadi dasar inspirasi style-style lain yang sampai kini masih digandrungi di Jepang. Di negara barat, gaya ini dikenal dengan nama cross-dress (busana miring), artinya seorang pria yang mengenakan busana dan asesoris wanita. Mengingat masa lalu, band asal Amrik KISS selalu mengenakan kostum gothic dan make up karakter, nah itulah cross-dress, atau lihat si Marylin Manson, dengan korset bitchy dan polesan lipstick yang norak, nah gaya itu di Jepang dipanggil Visual-kei.

Gothic telah menginspirasi banyak band untuk meningkatkan gaya mereka di atas panggung, tapi bagi anak-anak Jepang gaya ini diterjemahkan secara berlebih, alhasil make up di wajah pun nggak ketulungan, bahkan rambut pun ditata dan diwarnai diluar kewajaran, pakaian wanita pun dipake dengan noraknya. X Japan adalah band yang paling getol mengusung aliran ini, hingga booming menjadi trend wajib anak band dan gaya anak-anak muda di Jepang, bahkan band Asia terbesar di dunia, L’arc~en~ciel, pada awal karirnya mengusung aliran ini juga, hingga kemudian meninggalkannya dan menganut aliran mereka sendiri.
Visual kei maupun Harajuku telah berkembang dan mengalami metamorfosa sendiri dan hingga kini masih banyak yang mengusungnya tetapi dengan tatanan yang lebih tipis dan dimix dengan gaya masa kini.
visual kei adalah salah satu dari sekian banyak aliran fashion di jepang baik itu harajuku, lolita, dll. visual kei sendiri di adaptasikan kedalam dunia musik sebagai salah satu aliran musik bergenre rock. beberapa dari aliran band visual kei yang terkenal salah satunya dari PSC company, seperti the gazette, alice nine, kra, kaggra dan Mucc. musik dari band aliran visual kei memang terlihat mirip dengan gothic namun berbeda. band visual kei tidak selalu bergaya dengan make up tebal sehingga terlihat seram, namun band aliran visual kei ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu pada dandanan yang memadumadankan macam-macam bentuk pakaian,dandanan.

Visual Kei (bijuaru kei) mengacu pada sebuah gerakan dalam J-Rock yang populer pada sekitar tahun 1990-an. Gerakan ini ditandai dengan band yang mengenakan kostum dramatis dan imej visual untuk memperoleh perhatian. Di Jepang, penggemar band Visual Kei sebagian besar hampir selalu terdiri dari gadis remaja dan dipasarkan secara luas dalam bentuk merchandise anggota band itu sendiri. Di negara-negara lain, perbandingannya kecil secara kuantitas antara penganut Visual Kei kira-kira keseluruhan antara remaja putra dan putri.

Anggota band Visual Kei bergaya harajuku sering memakai make up yang mencolok, dengan gaya potongan rambut yang dramatis, yang mengingatkan pada “pita rambut” tahun 1980-an dan memakai kostum yang sangat rumit. Walaupun sebagian besar musisi adalah laki-laki. Anggota band sering bermake up dan memakai pakaian yang dapat dianggap sebagai feminin atau androgynous. Pada akhirnya sebagian band kembali pada image warna – warni dan fantastik yang populer sekitar 5 tahun lalu yang diinspirasi game RPG dan anime. Daya tarik kostum pada fans adalah dengan ditunjukkan oleh para gadis yang berpakaian cosplay sebagai anggota band favorit mereka, secara terpisah pada konser di Jepang, di Amerika  pada acara-acara anime, maupun di kota Harajuku. yang terkenal dengan J-fashion nya itu.

Band visual kei yang diartikan sebagai yang utama dari gaya visual, tidak mengacu pada jenis musik tertentu. Mereka sebagian memainkan musik rock, hard rock seperti Luna Sea, Dir en Grey, Penicillin, Due'le Quartz, Plastic Tree, musik gothic dan neoclassic seperti Malice Mizer, Moi Dix Mois, Rentrer en Soi, D'espairs Ray dan Phantasmagoria, Light Rock dan Pop seperti L'Arc~en~Ciel, Glay, Shazna dan musik heavy metal dan Ballad seperti X Japan, Loudness, Buck- Tick, Sex Machine Gun, selain itu musik industrial, punk, dan techno kadang - kadang juga masuk ke dalamnya. Dengan mengambil genre dalam arti yang luas, sebagian besar memutuskan memainkan beberapa jenis musik rock.

Pengamat barat seringkali kebingungan dalam membedakan Visual Kei Band dengan Band Gothic karena kadang-kadang penampilannya yang mirip dalam bermake up dan berpakaian, tetapi sebagian gothic Jepang tidak bisa memasukkan visual Kei menjadi Gothic, dan disana ada persilangan budaya kecil antara Visual Kei Jepang dan Gothic Jepang diluar model gothic lolita, yang mana dipengaruhi oleh subbudaya gothic.
Secara luas gerakan ini telah dimulai oleh X Japan pada tahun 1980-an, yang mengangkat tren dari pemanfaatan visual shock untuk memperoleh pengakuan dalam kancah musik independen.
Yah walaupun Kelihatannya mereka itu aneh aneh gitu. Tapi gw tetep suka yang namanya visual kei dan harajuku. Mereka itu Different, n unik. Selain itu dengan tampilan yang unik tersebut mereka juga punya teknik bermusik yang Ciamik dan juga kreatif. Jadi ga Cuma jual tampang aja n Monoton musiknya seperti band band barat diluar sana.. Jgn marah ya penggermar musik West..Hanya pendapat gw aj..hehehehe
Hidup Harajuku ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar